Hari Lahir Pancasila, MTs PP. Pergis Ganra Gelar Upacara Bendera Begini Tujuanya

INTELPOS.ID – MTs. PP. Pergis Ganra melaksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila (1 Juni 2024) di Lapangan Upacara MTs PP.Pergis Ganra, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Sabtu (1/6/2024).

Pelaksanaan upacara ini, dihadiri oleh Kepala Madrasah, Dewan Guru, Ketua Komite, dan peserta didik MTs PP. Pergis Ganra.

Bertindak selaku Pembina upacara Muh. As’ad Pengawas Pendamping dan bertindak selaku pemimpin upacara Kepala MTs PP Pergis Ganra, Kaharuddin.

Sebelum upacara dimulai, Kaharuddin selaku Kepala Madrasah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta upacara atas segala bentuk partisipasinya, terutama hadir pada kegiatan ini. Selanjutnya mengarahkan kepada peserta didik mengenai bentuk dan makna kegiatan. Setelah upacara dilaksanakan kemudian akan dilanjutkan pembuatan Vitik (Video Tiktok) ucapan selamat Hari Lahir Pancasila.

Sementara Muh. As’ad selaku Pembina Upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa, keputusan persiden (Kepres) no 24 tahun 2016 sebagai dasar penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

“Peringatan ini sangat penting bagi kita warga MTs. PP. Pergis Ganra untuk menghormati dan mengenang Pancasila, yang merupakan dasar negara Republik Indonesia,”ucap As’ad.

Setelah sekilas sejarah, lebih lanjut menyampaikan juga Hari Lahir Pancasila juga merupakan momen untuk mengenang,menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa, termasuk para santri yang akan nenjadi generasi emas tahun 2045 harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berkehidupan dalam kehidupan bermasyarakat,” ucapnya.

Di katakan bahwa,Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

“Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada,”tutur As’ad sebelum menutup amanatnya.

Acara tersebut di tutup dengan pembacaan doa oleh Ust. Faisal dengan penuh hikmad  dilanjutkan dengan pengambilan video ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila.


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال